Thursday, April 9, 2009

Firefox3

Browser versi baru dari Mozilla, Firefox3, mencatat sejarah sebagai software dengan jumlah pengunduh terbanyak, sebesar 8,2 juta, pada hari pertama diluncurkan. Hanya saja, kehebatan Firefox3 yang hadir dengan memperluas fungsi-fungsi browser dengan plug-in dan script Greasemonkey ternyata agak mengabaikan fitur-fitur bawaan.

Berikut aini adalah beberapa tip berguna yang dapat kamu lakukan sendiri, mulai dari tweak sederhana sampai cara menampilkan beberapa potensi yang hebat yang dimiliki Firefox3.

1. Duplikasi tabs

Menduplikasi tabs sangat mudah dilakukan pada Firefox3. Tinggal menekan key Ctrl,kemudian tarik (drag) tab yang akan diduplikasi ke daerah kosong pada tab bar. Atau bisa melakukan dengan cara lebih mudah yaitu menggunakan shortcut : Ctrl + T.

2. Memperkecil toolbar

Klik kanan toolbar > pilih Customize > Use small icon. Control yang baru saja diubah tetap berfungsi sama seperti sebelumnya, hanya ukuran toolbar yang sedikit mengecil.

Ini berguna bagi tampilan situs yang akan tampak lebih luas.

3. Smart bookmarks

Smart bookmarks adalah live bookmarks—bukan hanya merujuk pada situs-situs khusus tetapi menghasilkan live list situs sesuai parameter yang didefinisikan. Misalnya, bila kamu memiliki smart bookmark yang mendaftar 10 situs paling sering dikunjungi, atau 20 situs terakhir yang dikunjungi dengan keyword tertentu.

Cara membuatnya : pilih Organize Bookmarks dari menu Bookmarks Pada jendela Library > pilih Bookmarks Menu > klik Organize pada toolbar atas > New Bookmark.

Kemudian masukkan nama smart bookmark, misalnya “10 Most Recent Bookmarks’. Dalam Location field, masukkan kode untuk memerintahkan smart bookmarks yang harus dilakukan. Untuk 10 situs terbaru bookmark, masukkan : place:queryType=1&sort=12&maxResult=10.

Masih ada selusin parameter yang dibuat oleh para pengembang Mozilla untuk dipakai dalam smart bookmarks ini. Berikut diantara daftar command tersebut :

- 10 situs terbaru yang dikunjungi :

place:queryType=0&sort=8&maxResult=10

- 10 situs paling sering dikunjungi dengan beberapa istilah pencarian di dalamnya :

place:queryType=0&sort=8&maxResult=10&terms=keyword (gantikan “keyword dengan kata yang kamu inginkan)

4. Yahoo Mail dan Gmail

Normalnya, saat e-mail address pada Web page di-klik akan menampilkan e-mail baru dengan program email default. Jika menggunakan Yahoo! Mail, buka Option dalam menu Tools > pilih Applications > mailto > Use Yahoo! Mail > klik OK.

Gmail tak termasuk opsi dalam entry mailto tersebut. Namun kamu dapat menambahnya engan mengetikkan about:config di address bar, klik Enter. Dalam Filter field, masukkan gecko > klik dua kali gecko.registerProtocolHandler(“mailto”,https://mail.google.com/mail/?extsrc=mailto&url=%s”,”Gmail”)

Sebuah pesan muncul dibagian atas jendela browser menanyakan apakah kamu akan menambah Gmail.

Sekarang, kembali buka Option dalam menu > mailto. Maka opsi Use Gmail sudah ada.

5. Menghilangkan tombol Close

Secara default, firefox3 meletakkan tombol X yang dipakai untuk menghapus aplikasi. Kamu bisa menghilangkan tombol ini, atau hanya melihatnya pada tab yang sedang kamu tampilkan pada saat itu.

Caranya : masukkan about:config di address bar > Enter > sorot browser.tabs.closeButtons > Enter. Masukkan satu diantara value berikut ini sesuai sifat yang kamu inginkan:

0=tombol Close hanya pada active tab

1=tombol close pada setiap tab

2=tak ada tombol Close

3=tombol Close tunggal diakhir tab bar

6. Mendisable Awesome Bar

Mozilla menjuluki address bar Firefox3 sebagai “Awesome Bar” karena mampu memberi usulan apa yang harus diketik user. Secara default, dasar Awesome bar adalah pada history, pages, dan bookmarks. Kamu dapat mengubah Awesome Bar dalam halaman konfigurasi. Buka about:config dan ubah value pada urlbar.maxRichResult sesuai dengan fitur yang kamu ingin :

- untuk mendisable seluruh Awesome bar, isi value urlbar.maxRichResult dengan 11.

- agar Awesome Bar hanya merekomendasikan situs-situs yang alamatnya telah kamu ketik di address bar, ubah value browser.urlbar.matchonlytyped menjadi TRUE.

- untuk menghapus bookmarks yang tak dikunjungi dari kelompok rekomendasi, ubah place.frecency.univisitedBookmarkBonus menjadi 0.

- untuk menghapus semua bookmarks dari Awesome Bar, ubah places.frecency.univisitedBookmarkBonus dan place.frecency.bookmarkVisitBonus menjadi 0.

-

7. Pencarian dengan smart keyword

Smart keyword berfungsi mencari beberapa situs dengan search engine dan menggerakkan pencarian dari address bar menggunakan kata kunci (keyword) yang kamu pilih.

Misal, kamu membuat smart keyword “komputek” untuk mencari arsip situs kamu. Jika ingin melihat apakah kamu pernah menulis tentang “workshop”, maka ketikkan “komputek workshop” dalam address bar dan Firefox akan mencari hasilnya di halaman pencarian situs kamu.

Kunjungi situs yang ingin kamu cari dan klik kanan pada search box, pilih Add a keyword for this search. Dalam window yang muncul, tambahkan diskripsi pencarian dan masukkan keyword sebagai penggerak untuk pencarian.

8. Menampilkan password tersimpan

Untuk menampilkan password yang terhubung dengan beberapa situs, pergilah ke halaman login dan klik kanan disembarang tempat. Pilih View Page Info > Security > klik View Saved Password > akan muncul jendela Save Password yang menampilkan username yang terhubung dengan situs tersebut. Klik Show Password untuk melihat password setiap username.

Jika ingin menampilkan semua username dan passwords yang tersimpan, buka Option di Tools menu > pilih Security. Klik Saved passwords untuk membuka daftar setiap situs yang pernah kamu gunakan untuk menyimpan password. Kembali, klik Show Password > maka akan muncul semua passwords yang pernah kamu gunakan untuk login.

Kalau dipikir-pikir bukankah ini merupakan lubang keamanan yang besar mengingat akan begitu mudah setiap orang dapat mengkases PC kamu dan menampilkan semua password yang tersimpan. Jangan kawatir, kamu dapat memproteksi semua password tersebut.

Caranya : dalam menu Tool > pilih Option > Security > klik “Use a master password” > masukkan password. Setelah itu, setiap kamu atau orang lain mencoba menampilkan password yang tersimpan maka password tersebut harus dimasuikkan. Kamu diminta memasukkan master password setiap saat membuka Firefox. Tanpa itu, Firefox tak otomatis memasukkan password yang tersimpan. Pastikan kamu melakukan hal ini.
.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.-.

0 comments:

Voltar Avançar Inicio
 

Topo